Wednesday, May 18, 2016

GRADUATED AND WORK WORK WORK WORK WORK

Selasa, 10 Mei 2010

Halo!!!

Jadi cerotanya gw sekarang lagi di kereta dan gw lagi mau mencoba menulis di setiap situasi yang ada… jadi ceritanya gw lagi short trip ke Jogja buat shootingan TKA temen kampus gw

Gw dan Nova si produser keceh! huehehe

As I told you! NOW IT’S THE TIME!!! Hoho…

Jad setelah gw bercerita mengenai semester 6 dan semester 7, selesaiah sudah perkuliahan gw sebagai mahasiswa di Institut Kesenian Jakarta. Dan mulailah gw dengan dunia realita yang sebenarnya. It’s time to face the reality. *masuk lagu work, work, work, work, work you see me doin work, work, work, work, work.

Dimulaiah gw mencari kerja, sebetulnya gw emang suadh punya rencana, dimana gw setelah lulus mencari kerjaan dari senior..
Perlu kalian ketahui bahwa IKJ ini juga memiliki keuntungan dari link-link yang sangat apik! Jadi yang perlu lo lakukan adalah rajin, giat, tekun dan menjadi diri lo sendiri.

Kalo hal itu lo udah lakuin, sisanya adalah pintar bersosialisasi! Ini sangat penting! karna lo harus tunjukin kualitas dan kuantitas lo sebagai mahasiswa..gw pribadi ngga harus nyuruh kalian buat menjadi pintar! tapi menjadi kreatif itu lebih peting di IKJ. Dan bukan berarti pintar itu salah, tapi cerdik lebih dinilai lebih tinggi. That’s my option yah! you have your own conclusion.

Setelah gw menggunakan sosialisasi dan mencoba membuat pencitraan dengan kualitas dan kuantitas yang baik *katanya si begitu menurut gw haha, gw mencoba mencari link-link ini. Dan sebelum dari masalah kualitas, kuantitas dan bersosialisasi.. gw juga meriset..kira-kira dosen mana yah yang cocok dan pas ngobrolnya sama gw?!, intinya sih yang mengerti Gold, Need, Desire gw *asik! Sok-sokan anak film. Yaa.. intinya gw mencari orang yang mengerti gwlah dalam segala aspek dari kerjaan yang gw inginkan kedepannya. NAH! Orang itu adalah Bang Jer.. sayangnya gw ngga punya fotonya, dan gw ngga berani minta izin juga buat minta foto dia haha…

Tapi, after all, dari semester satu, dari pertama kali dia Tanya “kalo, kamu Pi? Rencananya mau ngambil apa?” dan gw jawab penulisan.

*in case kalo kalian wondering, jadi sebelum gw masuk IKJ itu gw ngambil SMK dengan jurusan broadcasting, which is! I learned a little bit about film and television. Nah! Alasan gw memilih penulisan dulu adalah karna gw waktu ujian SMK yang dinamakan Uji Kopetensi, gw menjadi seorang penulis secara spontan, dan ya… gw seneng aja berimajinasi dengan hal-hal yang gw suka, dulu gw nulis itu dengan imajinasi gw aja…ngebayangin temen-temen gw memerankan karakter yang gw buat dang w ngakak-ngakak sendiri..mungkin kalo bisa di simpulin, kenapa gw ngambil penulisan itu, karena gw suka banget ngedongengin cerita. gw seneng banget ngomong dan seneng banget bercerita, entah soal hal kecil kaya gossip sampe hal-hal teoris tentang sesuatu.

Dari situ, gw banyak bercerita dengan bang Jer, dan banyak bertanya masalah perkuliahan dan ap aja yang harus gw persiapkan kalo gw mau ngambil jurusan ini.. jujur sih! Sebelumnya juga ada dosen yang ngasih tau, kalo ngambil penulisan itu amunisinya baca, nulis dan nonton film, which is! I love it! Siapa yang ngga suka baca, nulis dan nonton..

Jangan menilai sebuah bacaan dengan pemikiran yang lebih..
Kaya mikir “ih pasti bacaannya anak penulis multatuli deh, pasti bacaannya Chairil Anwar deh” buat gw engga. Dengan membaca brosur aja kia sudah membaca, dengan membaca spanduk saja kita sudah membaca…begitu juga dengan tulis.. dengan menulis twit di twitter kita udah menulis, dengan kita menulis bonpun kita juga menulis. Kalo kita selalu menghargai setiap proses yang sudah dilakukan sama diri kita sendiri pasti pembelajaranpun juga akan meningkat..
*Nonton trailer pun juga di itung lho! Jangan salah. Hehehe..

kembali ke bang Jer.. akhirnya gw banyak ngobrol dan cerita sama dia tentang diri gw, dan dia sangat open sekali, bahkan mengayomi… engga cuma ke gw, dia juga selalu baik sama mahasiswanya… gw selalu ngeliat bang Jer itu sosok bapak yang seneng mengayomi dan baik hati. Maka dari itu akhinya gw bisa deket dengan bang Jer.

Setelah kelulusanpun gw mencoba untuk ngumper dulu di rumah sampe stress dan frustasi. Setelah itu gw akhirnya baru datengin bang Jer dan cerita apa yang ingin gw tuju dalam penulisan ini,..sampai akhirnya Bang Jer mengenalkan kepada dua wanita insan yang terkenal di perfilman dan televisi, yaitu Mba Milla dengan penulisan televisi dan Mba Titin sebagai penulisan film.

Gwpun menghampiri mereka satu persatu, gw bilang sama mereka kalo gw mau cari pengalaman dan mengali lagi tuh, penulisan gw! *karna menurut gw penulisan gw masih belum bagus, liat aja ini tulisan blog, wkwkw yang baca juga paling langsung muak haha..

Pertama gw dateng ke Mba Milla. Dia adalah seorang penulis yang sekarang lagi megang acara OKJEK di Net TV, gw ngobrol sama dia, dan dia orangnya sangat baik dan sangat edukatif, which is so good! Karena gw suka banget  sama cara dia ngajarin kita dalam proses penulisan, khususnya televisi.. gw di ajarin gimana penulisan berpengaruh penting sama rating, dan bagaiamana proses kreatif televisi bisa berlangsung walaupun banyak banget batasan-batasan yang dibuat sama televisinya sendiri *Rating si sebenernya.

Kesimpulannya, dari Mba Milla gw belajar gimana kita, sebagai penulis tetap bisa survive dalam penulisan dan juga dalam kancah pertelevisi seriesan Indonesia *Saek! DAMN DANIEL! Haha. Oh ya! Sampe sekarangpun gw masih lho membantu dan berpartisipasi Mba Milla hehe… bersama Mba Mila sebenernya sih gw hanya magang, karna Mba Milla sekarang Mba Milla udah punya tim yang pas, dan gw disini hanya jadi tambahan atau pendukung aja deh anggapannya.

Setelah gw di Mba Milla. Bang Jer mengutus gw untuk menemui Mba Titin dalam bidang penulisan film, dan terjadilah pertemuan ini dengan mba Titin! Nah disini nih! Finally! Gw dapet kerja, karena sebelumnya gw hanya dapet magang… in the begin gw pikir, gw itu hanya membantu mba Titin aja, eh ternyata aku dipekerjakan olehnya sebagai asistennya! WOW! it’s a huge honor to be asistan writer lho! Dan gw seneng banget! Banget! BANGET!

Sekarang sih gw baru kerja sama dia selama sebulanan, dan  I feel happy, Mba Titin adalah orang yang baik hati, menyenangkan dan sangat humble banget! Udah gitu, dia juga seorang edukatif lho, jadi gw seneng banget, kalo apa-apa gw belajar sama dia, mulai dari teknik menulis film dan aturan-aturan yang seharusnya dilakukan dan tidak dilakukan sebagai penulis *ya intinya aturan penulis sih. *nanti deh yah! Kalo gw udah lumayan membaur dengan segala hal gw akan buat blog khusus untuk penulisan POLIM ini. hihi.

Begitulah akhir cerita gw bisa duduk bersama dengan Mba Titien Watimena, nanti gw juga bakalan foto sama Mba Mila deh, tapi sekarang ini adanya foto gw dan Mba Titien bersama.  


Maaf fotonya agak ngblur, masih belum profesional nih motonya,,,hehe

Nah! next post! Gw akan tulis short trip gw ke Jogja buat bikin film! Ini quick pic perjalanan gw ke Jogja bersama kru TKA temen-temen gw.  Uhhh! So excite it!



P.S: Ternyata nulis disituasi yang tidak biasanya menyenangkan juga... it’s not bad.

No comments:

Post a Comment

Beraharap yang tak kunjung datang

  #Berdamaidengandirisendiri Hari ini..izinin gue buat spamming ya guys hehe.. Jadi hari ini gw ulang tahun dan biasanya gue suka make a wis...